Asal Muasal Tangkas

Asal Muasal Taruhan Bola Tangkas

Senin, 29 Februari 2016

Sangat Cepat !!! Teknologi baru jarak tempuh Bumi ke Mars Hanya 30 Menit

[​IMG]
Berapa lama jarak tempuh perjalanan dari Bumi ke planet Mars, saya pernah bertanya saat SMP, tapi belum mendapatkan jawabannya maklumlah komputer plus internet masih barang mewah di kampung kami (tahun 1997). Nah, sekarang ini dengan mudahnya mendapatkan jawabannya yaitu bisa ratusan hari bahkan berbulan-bulan. Info yang saya baca, jarak rata-rata kedua planet ini adalah sekitar 225 juta kilometer.

Menurut informasi, pesawat luar angkasa tanpa awak tercepat milik NASA, New Horizons, membutuhkan waktu jelajah sekitar 162 hari untuk bisa mencapai pada jarak terdekat dengan Mars. Dengan fakta tersebut banyak ilmuwan menjadi ragu apakah bisa mengirim manusia ke Mars dalam waktu relatif lebih cepat. Ternyata, saat ini ada teori baru yang membuat semangat para Ilmuwan dalam mewujudkan impian perjalan ke Mars dalam waktu yang singkat.

Profesor Fisika dari UC Santa Barbara, Philip Lubin, menuliskan sebuah artikel yang dipublikasikan di Journal of the British Interplanetary Society, beliau mengatakan perjalanan antara Bumi-Mars bisa saja ditempuh kurang dari satu jam! Teori ini lebih jauh menyatakan bahwa dengan teknologi roket bertenaga cahaya atau laser akan membuat perjalanan Bumi-Mars jauh lebih singkat.

Namun, untuk saat ini, teori ini hanya diprediksi dan hanya bisa diaplikasikan untuk pesawat luar angkasa tanpa awak dengan lebar sekitar 1 meter. Berikut cara kerja pesawat luar angkasa berteknologi laser ini.

Ilmuwan tetap membuat pesawat luar angkasa utama (A) dengan roket standar,
di ujung pesawat itu akan dipasangi pesawat luar angkasa lain (B) yang lebih kecil,
pada pesawat luar angkasa A tadi, akan ada tambahan semacam senter laser dengan kekuatan tinggi. Posisi senter laser ini ada di bawah pesawat luar angkasa B.

Ilmuwan kemudian meluncurkan pesawat luar angkasa A dan B yang sudah digabungkan dengan roket standar dari pesawat A.

Ketika sudah lepas dari atmosfer Bumi, senter laser pesawat A akan diarahkan ke pesawat B dengan harapan bisa mendorong pesawat B ke Mars dalam hitungan menit.

Menurut perhitungan Profesor Lubin, menembakkan laser ke pesawat luar angkasa diklaim mampu meningkatkan kecepatannya secara drastis. Hanya butuh waktu 10 menit, pesawat luar angkasa kecil bisa mendapatkan 26 persen kecepatan cahaya! Rata-rata kecepatannya mencapai 280,5 juta kilometer per jam!
Gabung bersama Kami untuk hadiah menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar